Hari/Tanggal : Senin, 23 September 2019
Kelas : 2B
Tema/Subtema/Pembelajaran : 3 (tugasku sehari-hari)/ 2 (tugasku sehari-hari di sekolah)/ 3&4Alat Peraga : Gambar, Mata Uang
Kelas : 2B
Tema/Subtema/Pembelajaran : 3 (tugasku sehari-hari)/ 2 (tugasku sehari-hari di sekolah)/ 3&4Alat Peraga : Gambar, Mata Uang
MATERI AJAR
Bahasa Indonesia
1. Membaca cerita berjudul “Koperasi Sekolah”
2. Menceritakan tentang kegiatan koperasi yang ada di sekolah siswa
3. Memahami pemenggalan kata yang dibaca
4. Mendengarkan penjelasan permainan pesan berantai
5. Memainkan permainan pesan berantai
6. Menulis kalimat dengan bantuan kata-kata tertentu
Koperasi SekolahKoperasi sekolah menjual kebutuhan siswa, seperti alat tulis, seragam sekolah, kue dan minuman. Koperasi berguna untuk membantu siswa agar siswa tidak perlu pergi jauh untuk membeli barang kebutuhan saat di sekolah. Koperasi juga merupakan tempat untuk bertransaksi antara siswa dengan penjaga koperasi. Bertransaksi adalah kegiatan berjual beli barang kebutuhan. Dengan bertransaksi di koperasi siswa dapat belajar mengenal nilai uang yang di belanjakannya.
Pemenggalan KataPemenggalan kata merupakan pemisahan huruf/kelompok huruf dari kata.
Sebelum melakukan pemenggalan kata, yang harus dipahami terlebih dahulu adalah membedakan huruf vokal dengan huruf konsonan. Huruf vokal terdiri dari a, i, u, e, o. Sedangkan huruf konsonan adalah huruf selain vokal contoh k, j, l, m, n, j dan lain - lain. Setelah memahami huruf vokal dan huruf konsonan, selanjutnya adalah memahami suku kata. Suku kata merupakan bagian kata, cara mudah menentukan suku kata yaitu dengan memperhatikan pengucapan. Pemenggalan kata dasar baik kata Indonesia maupun kata serapan, dilakukan dengan prinsip otografis.
Contoh:
Sekolah > Se – ko – lah
Seragam > Se – ra – gam
Koperasi > Ko – pe – ra - si
Belanja > Be – lan – ja Transaksi > Trans – ak - si
Ideal > I – de - al
Seragam > Se – ra – gam
Koperasi > Ko – pe – ra - si
Belanja > Be – lan – ja Transaksi > Trans – ak - si
Ideal > I – de - al
Latihan soal di Buku Siswa Tema3 halaman 58 dan buku 2C halaman 60.
Membuat kalimat dari kata dibawah:
Daerah asal = Romi merupakan siswa pindahan dari daerah asal Bali.
Berbeda = Meskipun berbeda suku Romi tidak memilih teman
Kerja sama = Dengan kerja sama , pekerjaan akan terasa ringan
Membantu = Ayah membantu Beni menghitung uang dari pemberian tante Rina.
Bermain = Beni dan Tiur asik belajar sambil bermain kartu uang
Kartu uang = Ibu guru memberi tugas siswa membuat kartu uang
Berbeda = Meskipun berbeda suku Romi tidak memilih teman
Kerja sama = Dengan kerja sama , pekerjaan akan terasa ringan
Membantu = Ayah membantu Beni menghitung uang dari pemberian tante Rina.
Bermain = Beni dan Tiur asik belajar sambil bermain kartu uang
Kartu uang = Ibu guru memberi tugas siswa membuat kartu uang
Matematika
1. Menuliskan harga barang dan mata uang yang sesuai
2. Menuliskan nilai mata uang yang setara atau sama
3. Memahami nilai uang rupiah sesuai gambar
4. Menuliskan jumlah uang sesuai gambar mata uang
5. Memasangkan kelompok uang yang bernilai sama
Pecahan Mata UangNama mata uang Indonesia adalah rupiah. Rupiah disingkat Rp. Jenis mata uang ada uang kertas dan uang logam.
· Cara menulis mata uang contohnya:
1. seribu rupiah ditulis Rp 1.000,00
2. lima ribu rupiah ditulis Rp 5.000,00
3. sepuluh ribu rupiah Rp 10.000,00
· Cara membaca nilai mata uang, contohnya:
1. Rp 20.000,00 dibaca dua puluh ribu rupiah
2. Rp 10.000,00 dibaca sepuluh ribu rupiah.
· Satu nilai mata uang mempunyai nilai kesetaraan dengan mata uang yang lain.
Contoh:
Contoh:
1. 1 lembar lima ribu rupiah senilai dengan 2 lembar dua ribu rupiah dan 1 lembar seribu rupiah
2. 2 lembar uang seribu rupiah senilai dengan 1 lembar uang dua ribu rupiah
3. Selembar uang seribu rupiah senilai dengan 2 keping uang lima ratus rupiah.
4. 2 keping uang logam lima ratus senilai dengan 1 lembar uang seribu rupiah
Latihan Soal: Kerjakan latihan di buku cetak 2C halaman 55 dan 61.
PPKn
1. Menuliskan pendapat tentang adanya perbedaan dalam kesukaan warna pada masing-masing anak
2. Menuliskan warna kesukaan dari 10 orang teman di sekolah
3. Menuliskan kesimpulan tentang warna apa yang paling banyak disuka anak laki-laki dan anak perempuan
4. Mencari tahu asal daerah teman
5. Menentukan sikap yang terbaik saat bermain dengan teman yang berbeda daerah asal
Keberagaman karakteristik individuJika teman memiliki warna kesukaan yang berbeda dengan mu, sikap yang baik adalah tetap menghormati pilihan teman, karena setiap orang memiliki perbedaan. Dalam kehidupan sehari-hari, kita selalu bersinggungan dengan perbedaan. Kita berbeda dan memiliki perbedaan karena perbedaan adalah harmoni yang membuat hidup kita lebih berarti. Di dalam perbedaan, tersimpan arti yang pantas untuk dimengerti. Dengan perbedaan, kita mampu merasakan makna kebersamaan, sehingga kita bisa memahami bahwa perbedaan adalah alasan untuk sebuah pengertian. Perbedaan seringkali menjadi pemicu masalah yang berlanjut menjadi konflik bila kita memahami, mengatasi dan menyikapinya dengan cara yang tidak tepat. Untuk itu kita harus lebih bijak ketika sedang mengalami perbedaan pilihan dengan orang lain, dengan menghargai/menghormati pilihan orang tersebut yang berbeda dengan pilihan kita dan tidak boleh marah jika pilihan kita berbeda dengan pilihan orang lain.
Contoh menuliskan warna kesukaan teman:
Warna
|
Nama Murid yang Suka
|
Jumlah
|
Biru
|
Cayo, Dafina
|
2
|
Hijau
|
Dinda
|
1
|
Orange
|
Qela, Azra, Reja, Kafi
|
4
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar