Senin, 02 September 2019

Kelas 2 tema 2 subtema 3 pembelajaran 6

Hari/ tanggal                                       :Selasa3 September 2019
Kelas                                                   : 2B
Tema/ Subtema/Pembelajaran            : 2 (bermain di lingkungan ku)/ 3 (bermain di lingkungan sekolah)/ 6
Alat peraga                                         : Gambar, tabel perkalian

MATERI AJAR
Bahasa Indonesia
1.      Melengkapi cerita berjudul Ayah Yovi Sakit
2.      Menyimak teknik dasar menggiring bola
3.      Mencari tahu arti kata-kata tertentu
4.      Mengamati dan menulis ciri-ciri benda
Makna/arti kata
·         Tim: kelompok, regu
·         Inti: bagian yang utama, yang penting peranannya dalam suatu proses atau pelaksanaan kerja
·         Gol: tercapai maksudnya (tujuan); berhasil (tentang mosi, rancangan, dan sebagainya)
·         Gawang: dua tiang yang berpalang sebagai tempat sasaran memasukkan bola (dalam permainan sepak bola dsb)
·         Penalti: tendangan atau tembakan hukuman karena melanggar peraturan permainan di daerah depan gawang pada batas yang tentu (dalam sepak bola, polo air, dsb)
·         Teknik: cara (kepandaian dan sebagainya) membuat atau melakukan sesuatu yang berhubungan dengan seni
·         Strategi: rencana yang cermat mengenai kegiatan untuk mencapai sasaran khusus
·         Rutin: prosedur yang teratur dan tidak berubah-ubah
·         Mengecoh: menipu, mengakali (terutama dengan cara-cara yang kurang baik); membohongi (dengan maksud menipu)
Ciri-ciri benda
Terdapat banyak benda disekitar kita. Benda memiliki wujud sifat dan cici cirri yang berbeda-beda. Misal meja memiliki cirri berbentuk persegi panjang, terbuat dari bahan kayu, dan biasa dipakai untuk menulis, meletakkan susuatu diatasnya dan lain lain.
Bola memiliki cirri berbentuk bulat, bagian luarnya terbuat dari kulit, karet atau plastic. Dibagian dalam berisi udara. Dan biasa digunakan untuk olahraga.
Pengamatan keragaman benda dalam permainan sepak bolaAlat dan bahanPeluit, bola, kartu
Contoh hasil pengamatan:Nama benda: peluit
Ciri-ciri benda: kecil, ditiup dapat berbunyi nyaring
Bentuk: padat, keras, permukaan halus
Latihan soal:
Buatlah kalimat dengan kata-kata sbb
1.      Tim
2.      Teknik
Sebutkan ciri-ciri peluit, ranting pohon, kardus


PKn
1.      Memahami sikap yang  baik untuk dilakukan saat teman kesusahan
2.      Berdiskusi membuat aturan cara menggiring bola
Dalam bermain Setiap anggota harus mematuhi aturan dalam permainan. Agar permainan berjalan dengan tertib. Penonton juga harus tertib. Penonton tidak boleh melempar bendabenda ke tengah lapangan. Kalau tidak tertib, akan mengganggu proses permainan. Sama seperti tata tertib di sejolah, kalau tata tertib di sekolah dijalankan, akan bermanfaat dalam kehidupan kita. Kita akan terlatih untuk lebih disiplin. Selain itu, kita juga terbiasa hidup rapi dan bersih. Kita juga terlatih untuk bertanggung jawab dengan kegiatan yang kita kerjakan, serta membiasakan diri untuk ramah kepada orang lain. Membiasakan hidup tertib memiliki banyak manfaat dalam hidup.
Kalau kita tidak mematuhi tata tertib di sekolah, akan berakibat kurang baik. Kita pasti akan mendapatkan sanksi. Kalau pertama kali melanggar, akan mendapatkan peringatan dahulu. Namun, kalau sudah lebih dari sekali akan langsung mendapatkan hukuman. Jika pelanggarannya terlalu parah, orang tua kita akan dipanggil.
Latihan soal di buku 2b halaman 110


Matematika
1.      Memahami kembali penggunaan tabel perkalian untuk pembagian
2.      Mengerjakan soal-soal pembagian dengan bantuan tabel perkalian
Tabel perkalian untuk pembagian
Gambar terkait
Cara menggunakannya, yaitu:
Kita menghitung pembagian bilangan 15 dengan bilangan 5. Perkalian bilangan 15 yang sebaris dengan bilangan 5, ternyata ada di
 lajur 3. Jadi, 15 : 5 = 3.
Latihan soal buku 2b halaman 112

Tidak ada komentar:

Posting Komentar