Minggu, 20 Oktober 2019

Kelas 2 tema 4 subtema 1 pembelajaran 1 &2

Hari/ tanggal                                       : Senin, 21 Oktober 2019
Kelas                                                   : 2 (dua)
Tema/ Subtema/ Pembelajaran            : 4 (hidup bersih dan sehat)/ 1 (hidup bersih dan sehat di rumah)/ 1&2
Alat Peraga                                         : Gambar (lingkungan rumah yang bersih dan sehat), gambar bangun datar, lagu

MATERI AJAR
Bahasa Indonesia
1.      Membaca lancar teks yang berhubungan dengan lingkungan sehat di rumah.
2.      Menyebutkan isi teks yang berhubungan dengan lingkungan sehat di rumah.
3.      Menemukan kosakata dan maknanya yang berhubungan dengan lingkungan sehat di rumah.
Isi percakapan di atas adalah menjaga kebersihan rumah, kebersihan rumah merupakan tanggung jawab kita bersama. Manfaat menjaga kebersihan rumah agar rumah terlihat rapih dan terhindar adari penyakit. Kita pun sebagai manusia harus bersih dan sehat. Bersih artinya bebas dari kotoran, sehat artinya kondisi baik seluruh tubuh serta bagian-bagiannya. Cara agar hidup bersih dan sehat yaitu dengan disiplin menjaga kebersihan diri dan lingkungan. Bila tidak disiplin maka tubuh dan lingkungan menjadi kotor. Tubuh dan lingkungan yang kotor akan menyebabkan berbagai penyakit.
Bersih = bebas dari kotoran
Sehat = bebas dari penyakit
Rapih = Teratur baik
Menuliskan hasil pengamatan tentang rumah yang bersih pada gambar dibawah
Rumah yang BersihRumah yang bersih banyak manfaatnya, terlihat rapi,indah, dan nyaman dan juga terhindar dari penyakit. Itulah sebabnya kita membiasakan hidup bersih dan sehat di rumah. Rumah yang bersih menyehatkan. Rumah yang bersih ada ciri-cirinya, tidak ada sampah berserakan. Debu-debu selalu dibersihkan. Peralatan rumah tangga juga tersusun rapi. Rumah juga dicat denganwarna yang menarik.

Menuliskan hasil pengamatan pada gambar, contoh:
Dayu dan keluarga kerja bakti membersihkan halaman rumah. Halaman rumah menjadi bersih, asri, dan indah. Dayu dan keluarga juga sering melakukan kegiatan bersama yang lain. Mereka menunjukkan persatuan dalam keberagaman.

Soal Latihan:
Tuliskan bagaimana cara menjaga kebersihan menurut pendapatmu!


Matematika
1.      Menentukan ruas garis yang membatasi model bangun datar.
Perhatikan gambar keset dan serbet berikut:
Keset dan serbet berbentuk segi empat. Segi empat merupakan bangun datar. Bangun-bangun datar tertentu mempunyai ruasruas garis. Tepi segi empat disebut ruas garis. Ruas garis adalah garis lurus yang dibatasi oleh dua titik. Segi empat memiliki 4 ruas garis.



Soal latihan
Lengkapi tabel berikut sesuai bentuk bangun datar!
Bangun Datar
Nama Bangun Datar
Jumlah Ruas Garis









SBdP
1.      Bernyanyi dengan memperhatikan panjang dan pendek bunyi pada lagu.
Bernyanyi berarti mengeluarkan suara bernada. Panjang pendek nada dapat dihitung. Satuan hitungannya yaitu ketukan. Pada lagu ada beberapa bagian yang dinyanyikan panjang.


PPKn
1.      Menyebutkan sikap agar terwujud persatuan dalam keberagaman di rumah.
Dayu dan keluarga kerja bakti membersihkan halaman rumah. Halaman rumah menjadi bersih, asri, dan indah. Dayu dan keluarga juga sering melakukan kegiatan bersama yang lain. Mereka menunjukkan persatuan dalam keberagaman.

Persatuan dan kesatuan adalah penopang keutuhan sehingga penting untuk diupayakan di berbagai lingkup baik itu lingkungan rumah, sekolah dan masyarakat.
Contoh sikap yang mencerminkan persatuan dan kesatuan di lingkungan rumah:
1.      Mendahulukan kepentingan bersama daripada kepentingan pribadi, contohnya dengan bekerja bakti membersihkan rumah.
2.      Bekerja sama dan saling tolong menolong, contohnya membantu pekerjaan ibu di dapur, membimbing adik mengerjakan pekerjaan rumah.
3.      Mengedepankan musyawarah dalam mengambil keputusan atau dalam menyelesaikan masalah, contohnya menentukan destinasi liburan keluarga dengan mendengar pendapat semua anggota keluarga
Sikap yang harus dimiliki agar dapat terwujud rasa persatuan dalam keluarga:


1.      Tidak bersikap egois
2.      Saling terbuka terhadap anggota keluarga satu sama lain
3.      Saling menghormati antar anggota keluarga
4.      Melakukan kewajiban dan tugas dalam keluarga
5.      Menghargai hak masing-masing anggota keluarga
6.      Bekerja sama dalam keluarga

Keluarga adalah unit terkecil dari masyarakat. Dalam keluarga, orang tua dan anak saling bekerja sama dan berinteraksi. Agar terjadi kerukunan dan keharmonisan dalam rumah tangga, dalam keluarga harus terwujud adanya rasa kesatuan.

Rasa kesatuan ini akan terbentuk bila setiap anggota keluarga saling menghormati. Misalnya dengan anak bertutur kata yang baik dengan orang tua, serta orang tua memberi perintah dan nasihat dengan baik pula.

Bila keluarga saling menghormati, maka konflik yang timbul akan dapat diselesaikan dengan baik, dan tidam menyebar yang dapat menimbulkan perpecahan.

Dalam keluarga, setiap anggotanya memiliki tugas masing-masing, seperti orang tua yang mencari nafkah dan mendidik anak. Sedangkan anak harus menaati orang tua dan rajin belajar. Agar timbul rasa persatuan, kewajiban ini harus dijalankan, karena bila tidak, akan terjadi permasalahan dan konflik antara anggota keluarga.

Selain kewajiban, juga ada hak dalam keluarga. Sehingga bila ingin ada persatuan dalam keluarga kita harus menghargai hak ini.
Dalam keluarga, agar ada persatuan, maka pekerjaan yang ada, seperti membersihkan rumah, juga harus dilakukan bersama. Dengan demikian, setiap anggota keluarga akan merasa saling membutuhkan dan akan saling tolong menolong.

Soal latihan
1.      Pernahkah kamu melakukan kegiatan yang menunjukkan sikap persatuan di rumah?
2.      Apa manfaat persatuan di rumah yang kamu rasakan?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar