Rabu, 02 Oktober
Hari/Tanggal : Kamis, 03 Oktober 2019
Kelas : 2
Tema/Subtema/Pembelajaran : 3 (Tugasku Sehari-Hari)/ 4(Tugasku Sebagai Umat Beragama)/ 1
Alat Peraga : Gambar
Kelas : 2
Tema/Subtema/Pembelajaran : 3 (Tugasku Sehari-Hari)/ 4(Tugasku Sebagai Umat Beragama)/ 1
Alat Peraga : Gambar
Materi Ajar
Ayo Membaca! (Halaman 115, buku cetak 2 C)
Ino dan teman-teman sedang kerja kelompok.
Mereka mengerjakan tugas dari Bu Guru.
Bu Guru mengingatkan saat kerja kelompok semua anggota harus bekerja sama seperti cerita dongeng berikut.
Bacalah dongeng di bawah ini!
Bergembira Bersama
Di tanah lapang, tiga keluarga berkumpul.
Mereka adalah keluarga Rusa, Beruang, dan Kuda.
Mereka berkumpul untuk menikmati suasana malam
Saat itu di langit terdapat bulan purnama
Mereka bekerjasama menyiapkan keperluan.
Selesai makan malam bapak Rusa memainkan gitar.
Ibu Rusa membawa senapan kue
Bapak Kuda memainkan gendang kecil
Bapak Beruang menari
Tang tang, dung dung……. Suara gendang dicoba
Jreng jreng….. petikan gitar berbunyi.
Anak-anak berlari dekat api unggun.
Mereka menari begitu music dimainkan.
Ibu Beruang mengajarkan gerakan tari yang indah
Musik terus menggiring
Sungguh asyik menari mengitari api unggun.
Mereka bergembira bersama
Ayo Menjawab! (Halaman: 116, buku cetak 2 C)
Jawablah pertanyaan di bawah ini secara lisan!
1. Siapakah yang berkumpul untuk bergembira bersama?
2. Di mana mereka berkumpul?
3. Apa yang mereka lakukan agar acara berlangsung meriah?
4. Siapa saja yang membawa makanan?
5. Bagaimana perasaan mereka?
Ayo berlatih!
Buatlah kalimat yang berhubungan dengan cerita di atas!
1. Berkumpul
……………………………………………………………………………………………………
2. Meriah
……………………………………………………………………………………………………
3. Lapangan
……………………………………………………………………………………………………
4. Mengiringi
……………………………………………………………………………………………………
5. Gembira
……………………………………………………………………………………………………
Ayo Mengamati!
Manusia harus bekerjasama dengan orang lain.
Manusia sebagai makluk sosial tidak bisa hidup sendiri.
Setiap manusia selalu membutuhkan bantuan orang lain.
Amatilah gambar pada halaman 117, buku cetak 2 C.
Ayo belajar!
Ino mendapat tugas kelompok untuk membuat prakarya dari bahan alam. Sebelum mulai membuatnya ino dan teman-teman membeli alat dan bahannya lebih dahulu.
Alat yang digunakan sebai berikut.
Lem: Rp1.200,00
Gunting: Rp4.700,00
Spidol: Rp1.500,00
Penggaris: Rp1.000,00
Ayo kita taksir harga barang-barang di atas.
Nama Benda Harga Taksiran
Lem Rp1.200,00
Gunting Rp4.700,00
Spidol Rp1.500,00
Penggaris Rp1.000,00 +
Jumlah harga taksiran Rp10.000,00
Latihan soal:
1. Membuat taksiran harga barang-barang (halaman 119 buku cetak 2 C)
Ayo Berkreasi Membuat bingkai foto dari biji-bijian (Halaman 120, buku cetak 2 C)
Contoh gambar bingkai foto dari biji-bijian:
Selasa, 01 Oktober 2019
Materi Ajar Rabu 2 Oktober 2019
Hari/Tanggal : Rabu, 02 Oktober 2019
Kelas : 2
Tema/Subtema/Pembelajaran : 3 (Tugasku Sehari-Hari)/ 3 (Tugasku Sebagai Umat Beragama)/ 6
Alat Peraga : Gambar
Kelas : 2
Tema/Subtema/Pembelajaran : 3 (Tugasku Sehari-Hari)/ 3 (Tugasku Sebagai Umat Beragama)/ 6
Alat Peraga : Gambar
Materi Ajar
Ayo Mendengarkan!
• Mendengarkan gurumu membaca teks berjudul “Merayakan Hari Raya Keagamaan” (Halaman 104, buku 2 C)
Ayo Bercerita!
• Ceritakan kembali bacaan berjudul “Merayakan Hari Raya Keagamaan” yang telah dibacakan oleh gurumu dengan bahasamu sendiri.
• Tuliskan tujuan umat beragama merayakan hari raya!
• Ceritakan pula pengalamanmu merayakan hari raya agamamu!
Ayo Mengamati!
Memperhatikan denah pada buku cetak halaman 106, buku 2 C.
Ayo Belajar! (Halaman 106, buku cetak 2 C)
Pada hari raya, buah-buahan banyak dibeli orang. Mereka membeli buah-buahan untuk sajian di rumah. Berikut adalah harga buah-buahan.
Rp700,00
Rp 300,00
Rp500,00
Jeruk
Rp800,00
Mangga
Rp1.500,00
Jambu
Rp600,00
Urutkanlah harga buah-buahan di atas dari yang paling murah. (Halaman:106-107, buku 2C)
Urutan buah dari harga yang paling murah:
1.
2. Salak
3.
4.
5
6.
7.
Latihan:
Pasangkan harga buah dengan jumlah uang yang tepat! (Halaman 107, buku cetak 2 C)
Ayo Berkreasi
Coba buatlah gambar tentang perayaan hari raya agamamu!
Perayaan Hari Raya Idul Adha (Berkurban)
Perayaan Hari Raya Idul Fitri (Sholat Idul Fitri)
Senin, 30 September 2019
Materi Ajar Selasa 1 Oktober 2019
Hari/Tanggal : Selasa, 01Oktober 2019
Kelas : 2
Tema/Subtema/Pembelajaran : 3 (Tugasku Sehari-Hari)/ 3 (Tugasku Sebagai Umat Beragama)/ 5
Alat Peraga : Gambar
Kelas : 2
Tema/Subtema/Pembelajaran : 3 (Tugasku Sehari-Hari)/ 3 (Tugasku Sebagai Umat Beragama)/ 5
Alat Peraga : Gambar
Materi Ajar
Bacalah cerita di bawah ini! (Halaman 100, buku cetak 2 C)
Pukulan Melesat
Ino dan teman-temannya akan bermain rouders. Sebelum bermain, mereka belajar cara melempar, menangkap, dan memukul bola. Pertama kali Mia mendapat giliran melempar bola. Ino mendapat giliran memukul bola. Ternyata pukulan Ino sangat keras.
Bola yang dipukul Ino mengenai kaki Seno. “Bagaimana Kakimu, Seno?” tanya Ino.
“Kakiku terasa sakit,” jawab Seno.
Ino dan Vandi lalu membawa Seno ke UKS.
Di UKS kaki Seno di obati. Ino minta maaf kepada Seno. Ino berjanji akan berhati-hati saat memukul bola.
Ayo Jawab
Jawablah pertanyaan di bawah ini secara lisan!
1. Apa yang dilakukan Ino dan teman-teman?
2. Siapa yang melempar bola?
3. Siapa yang terkena pukulan Ino?
4. Untuk apa Seno dibawa ke UKS?
5. Apakah kamu akan memaafkan Ino jika kamu adalah Seno?
Permainan Rouders
Permainan rounders merupakan permainan olahraga tim, termasuk dalam jenis olahraga bola kecil. Cara memainkan permainan rounders yaitu memukul bola kemudian mengelilingi lapangan yang ditandai oleh tiang atau pun titik base. Pemenangnya adalah regu atau tim siapa yang paling banyak mengelilingi lapangan dialah pemenangnya. Teknik Dasar Permaainan Rounder : Melempar Bola, Menangkap bola, Memukul bola. Lapagan rouders memiliki bentuk segi 5 (lima). Setiap home base (tempat pemukul) terdiri dari 4 (empat) titik. Tongkat terbuat dari bahan kayu. Dalam permainan ini mengunakan bola dengan bola jenis kecil/bola kecil.
Latihan: Menulis kalimat berdasarkan gambar pada halaman 102, buku cetak 2 C.
Ayo Diskusi! (Halaman 103, Buku Cetak 2 C)
Ino dan teman-temannya bermain sepak bola.
Raka hendak merebut bola Ino.
Tanpa sengaja, Raka terjatuh. Apa yang seharusnya dilakukan Ino dan teman-teman?
Diskusikan dengan temanmu!
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………………........................................................................................................................................................
Berlatih bersama: Berlatih memukul bola (halaman: 103, buku cetak 2 C)
Minggu, 29 September 2019
Materi Ajar Senin 30 September 2019
Hari/Tanggal : Senin, 30 September 2019
Kelas : 2
Tema/Subtema/Pembelajaran : 3 (Tugasku Sehari-Hari)/ 3 (Tugasku Sebagai Umat Beragama)/ 3&4
Alat Peraga : Gambar
Kelas : 2
Tema/Subtema/Pembelajaran : 3 (Tugasku Sehari-Hari)/ 3 (Tugasku Sebagai Umat Beragama)/ 3&4
Alat Peraga : Gambar
MATERI AJAR
Bahasa Indonesia
Mengucap Salam
Ibu guru selalu mengucap salam sebelum membuka pelajaran. Setiap agama mengajarkan untuk mengucap salam. Salam diucapkan ketika bertemu dengan orang lain. Salam juga diucapkan ketika berbicara di depan umum atau berpidato. Setiap agama memiliki ucapan salam yang berbeda-beda.
Setiap siswa wajib menghormati dan menghargai ucapan salam. Menjawab salam adalah bukti penghargaan kepada orang lain. Mengucap atau menjawab salam adalah budaya siswa. Ketika bertemu dengan teman lain agama, ucapkan salam yang umum.
Contohnya:” Selamat pagi, selamat siang, selamat sore, atau selamat malam”.
· Membaca teks cerita pada halaman 90 yang berjudul “Selalu Mengucap Salam”
· Mengerjakan latihan melengkapi kalimat dengan kata-kata pada halaman 90, buku 2 C
· Mengerjakan latihan memilih kalimat yang tepat berdasarkan gambar pada halaman 91, buku 2 C.
Ayo Belajar
Saat bertemu dengan orang lain kita mengucapkan salam. Membiasakan diri mengucapkan salam termasuk ajaran agama kita. Dengan mengucap salam kita mendoakan orang lain agar selamat dan sehat. Dengan saling mendoakan, kita mendapat kesehatan dan keselamatan dari Tuhan. Oleh karena itu, kita harus bersyukur kepada Tuhan. (Halaman 92, buku 2 C)
Gambar Seseorang Sedang Mengucapkan Salam
Ayo Jawab
1. Apa yang kita ucapkan saat bertemu dengan orang lain?
2. Untuk apa kita mengucapkan salam kepada orang lain?
3. Apa yang kita dapatkan saat saling mengucapkan salam?
4. Untuk apa kita bersyukur kepada Tuhan?
5. Kapan kamu mengucapkan salam pada gurumu?
(Halaman 92, buku 2 C)
Latihan:
Ø Tuliskan ucapan salam berdasarkan agama yang kamu anut!
Ø Kerjakanlah latihan soal halaman: 93 buku 2 C.
Gotong royong adalah mengerjakan sesuatu secara bersama-sama. Contoh gotong royong antar umat beragama adalah: saling bergotong royong membangun tempat ibadah walau beda agama, saling memberikan bantuan bila terkena musibah bencana alam walaupun berbeda agama.
Bacalah cerita di bawah ini!
(Halaman: 94, buku cetak 2 C)
Gotong Royong Antar Umat Beragama
Bencana banjir di Desa Sukaraja menimbulkan banyak kerusakan.
Jembatan hancur di terjang banjir.
Wargapun bergotong royong membangun kembali jembatan itu.
Gotong royong adalah bekerja demi kepentingan bersama.
Semua pemeluk agama bekerja sama.
Perbedaan tidak menjadi penghalang.
Kepentingan bersama harus diutamakan.
Gotong royong adalah budaya bangsa kita.
Dengan gotong royong pekerjaan menjadi ringan.
Ayo Berlatih!
Berilah tanda centang (√) pernyataan yang sesuai cerita!
Berilah tanda silang (×) pernyataan yang tidak sesuai cerita!
1. Banyak sampah di Desa Sukaraja.
2. Jembatan di Desa Sukaraja hancur diterjang banjir.
3. Warga Desa Sukaraja bergotong royong membangun jalan.
4. Kepentingan bersama harus diutamakan.
5. Gotong Royong membuat pekerjaan tidak cepat selesai.
Ayo Menulis! (Halaman 95, buku cetak 2 C)
Bacalah kembali cerita di atas!
Buatlah ringkasan isi cerita itu dengan kalimatmu sendiri!
……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
Latihan Soal Halaman 95, Buku Cetak 2 C
Kegiatan Umat Beragama
Kegiatan Umat Islam di Masjid
Kegiatan Umat Kristen di Gereja
Kegiatan Umat Katolik di Gereja
Kegiatan Umat Hindu Di Pura
Kegiatan Umat Budha di Vihara
Kegiatan Umat Konghuchu di Klenteng
Latihan:
Ø Menuliskan nama tempat Ibadah untuk Kegiatan Ibadah (halaman 96, buku cetak 2 C)
Ø Menjawab Latihan Soal ( halaman 98, buku cetak 2 C)
Ø Melakukan permainan Tukar Menukar Uang (halaman 99, buku cetak 2 C)
Langganan: Postingan (Atom)
- H ari/ Tanggal : Kamis, 25 Juli 2019 Kelas : 2 SD Tema/ Subtema/ Pe...
-
Tidak ada komentar:
Posting Komentar