Rabu, 21 Agustus 2019

Kelas 2 tema 2 subtema 2 pembelajaran 3


Hari/Tanggal                                  : Kamis, 22 Agustus 2019
Kelas                                              : 2B
Tema/Subtema/Pembelajaran        : 2 (Bermain di Lingkungan)/ 2 (Bermain di Rumah Teman)/3
Alat Peraga                                    : Gambar,  bentuk dan wujud benda cair di dalam botol dan gelas

MATERI AJAR


Bahasa Indonesia
  1. Menyimak percakapan tentang bermain ke rumah teman
  2. Memperagakan percakapan saat bermain di rumah teman
  3. Membaca cerita berisi petunjuk membuat agar-agar
  4. Memahami sifat benda cair
  5. Mencari arti kata-kata baru
  6. Menulis kalimat dengan bantuan kata-kata baru
Sifat benda cair
Cairan agar-agar dan teh manis adalah benda cair. Berikut sifat benda cair:
  1. Bentuk benda cair mengikuti wadahnya.
    Di dalam gelas, air berbentuk gelas
    Di dalam botol, air berbentuk botol

    Hasil gambar untuk contoh air di dalam gelas dan botol 
  2. Permukaan benda cair selalu datar
    Hasil gambar untuk contoh air di dalam gelas dan botol
    Permukaan air tampak datar. Ketika dimiringkan permukaan air tetap datar.
  3. Benda cair mengalir dari tempat yang tinggi ke tempat yang rendah.Hasil gambar untuk gambar air tumpah dari gelas
    Air mengalir dari botol menuju gelas di bawahnya, kemudian dari gelas air kembali mengalir ke tempat yang lebih rendah. 
Contoh soal: 
Carilah arti kata-kata berikut!

Kata
Arti Kata
Cair

Mendidih

Lembah

Loyang




Matematika
  1. Memahami penggunaan tabel perkalian
  2. Mengerjakan soal perkalian dengan bantuan tabel perkalian
X
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
1
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
2
2
4
6
8
10
12
14
16
18
20
3
3
6
9
12
15
18
21
24
27
30
4
4
8
12
16
20
24
28
32
36
40
5
5
10
15
20
25
30
35
40
45
50
6
6
12
18
24
30
36
42
48
54
60
7
7
14
21
28
35
42
49
56
63
70
8
8
16
24
32
40
48
56
64
72
80
9
9
18
27
36
45
54
63
72
81
90
10
10
20
30
40
50
60
70
80
90
100

Cara menggunakan tabel di atas sebagai berikut:
  • Misalnya kita mencari 3 x 4 (perhatikan angka yang bewarna merah)
  • Tarik ke kanan dari bilangan 3 (pada kolom pertama) dan kita tarik kebawah dari bilangan 4 (pada baris pertama). Sehingga bertemu bilangan 12.
    Jadi, 3 x 4 = 12.
  • Bila kita hitung dengan operasi perkalian
    3 x 4 = 4 + 4 + 4
    3 x 4 = 12
Contoh soal:
Kerjakan latihan perkalian dengan bantuan tabel perkalian pada halaman 60 di buku 2B.



SBdP
  1. Mempelajari gerak tari sesuai dengan gerakan air
  2. Memperagakan gerak tari bersama-sama
Gerakan air dari tempat tinggi ke tempat rendah dapat menjadi gerakan tari, berikut menirukan gerakan air:
  1. Menirukan gerakan air mengalir
    Kaki berjalan di tempat
    Kedua tangan melenggang perlahan
    Kepala bergerak seirama gerakan tangan

    Kaki melangkah ke kanan dan ke kiri
    Tangan bergerak perlahan diayun di depan dada
    Kepala bergerak seirama gerak kaki dan tangan

    Kaki maju mundur melangkah menyilang
    Kedua tangan bergerak naik turun perlahan di atas kepala
  2. Menirukan gerakan air bergelombang
    Kaki berlari di tempat
    Gerakan kaki naik turun
    Kedua tangan di ayun naik turun

    Kaki maju mundur
    Badan dan kedua tangan bergerak meliuk liuk
    Kaki ke kanan dan ke kiri
    Kedua tangan diayun ke kanan dan ke kiri membentuk lingkaran besar

Tidak ada komentar:

Posting Komentar