Selasa, 13 Agustus 2019

Kelas 2 tema 2 subtema 1 pembelajaran 3

Hari/ tanggal                                       : Rabu / 14 Agustus 2019
Kelas                                                   : 2 B
Tema/ Subtema/Pembelajaran            : 2 ( Bermain di Lingkunganku)/ 1 ( Bermain di Lingkungan Rumah)/ 3
Alat peraga                                          : Lagu video, Gambar



MATERI AJAR

Bahasa Indonesia
  1. Membaca teks bacaan "Benda-benda di Sekitar Kita" dengan intonasi yang tepat. Kemudian mencari kata-kata yang memiliki makna.
    Contoh:
    Halus = Halus berarti tidak kasar. Halus juga berarti lembut. Halusjuga berarti licin.
    Basah = Basah berarti mengandung air atau barang cair. 
    Berubah = Berubah berarti berbeda dari sebekumnya.
  2. Melengkapi kata yang kosong agar menjadi sebuat kalimat yang padu.
    Contoh:
    Batu lebih ....... daripada kertas = ringan
    Melon lebih ....... daripada jeruk = besar
  3. Mengamati gambar benda yang disajikan serta menjawab pertanyaan yang berkaitan dengan gambar tersebut dengan huruf tegak bersambung.
  4. Menyebutkan ciri-ciri benda.
    Setiap benda memiliki ciri-ciri. Ukuran, bentuk, dan permukaan adalah ciri-ciri benda.
  • Ukuran benda
    Ukuran benda berbeda-beda. Ada yang kecil ada yang besar. Ada yang panjang dan ada yang pendek.
    Gambar terkaitHasil gambar untuk contoh gambar bentuk  pensil  lebih kecil dan besar
    Sisir lebih panjang daripada pensil
Gambar terkaitHasil gambar untuk contoh gambar penghapus 
Buku lebih besar daripada penghapus
  •  Permukaan benda
    Bagian luar benda disebut permukaan benda. Permukaan benda ada yang kasar dan ada yang halus.
    Hasil gambar untuk contoh gambar kertas      Hasil gambar untuk contoh gambar permukaan kasar
Permukaan kertas lebih halus daripada permukaan batang pohon

  • Warna benda
    Benda alam memiliki warna tertentu. Cabai berwarna merah. Susu bewarna putih.
    Hasil gambar untuk contoh gambar cabai Gambar terkait
Cabai bewarna merah dan susu bewarna putih



SBdp
Menyanyikan lagu Topi Saya Bundar dengan tepat. Lagu dinyanyikan dengan tekanan kuat dan lemah. Pada bagian tertentu lirik lagu dinyanyikan dengan keras. Lirik lagu yang dinyanyikan dengan keras ditandai denga
Contoh:   
 
5    | 5   .   3 | 1  .   5  | 2  .  .  | 
Ka  lau     ti   dak bun  dar
 
| 0.  1  |  7 . 5 | 6 . 7 | 1 . . |
 Bu kan to  pi  sa ya




Matematika
Menentukan perkalian dengan penjumlahan berulang.
Hasil gambar untuk gambar pensil 4   Hasil gambar untuk gambar pensil 4
      
                                                             4              +            4       =    2   x   4   =  8
Penjumlahan 4 sebanyak 2 kali sama dengan perkalian 2 dari 4.
Bentuk bentuk 4 x 3 , 3 x 2 , 2 x 5 , disebut bentuk perkalian.
x adalah tanda kali.
4 x 3 dibaca empat kali tiga
3 x 2 dibactiga kali dua
2 x 5 dibaca dua kali lima
Contoh:
3 x 4 = 4 + 4 + 4 = 12
3 x 5 = 5 + 5 + 5 = 15
4 x 3 = 3 + 3 + 3 + 3 = 12
5 x 2 = 2 + 2 + 2 + 2 + 2 = 10
5 x 3 = 3 + 3 +3 + 3 + 3 = 15




Contoh soal:
Bahasa Indonesia
Susunlah huruf-huruf berikut hingga membentuk kata yang di maksut

Tidak berubah keadaan atau bentuknya
E
P
A
T
T







Mengandung air
A
S
A
B
H
 





Licin, lembut atau tidak kasar
S
L
U
A
H
 





Matematika
  1. Kaisar meletakkan krikil pada 4 lubang saat bermain congklak. Setiap lubang diisi 5 krikil.
    a. Tuliskan kalimat matematikanya!
    b. Tentukan hasilnya!
  2. 3 x 2 = ..... + ..... + ..... = .....
  3. 4 x 6 = ...... + ..... + .... + ..... = .....
SBdP
Lirik lagu yang dinyanyikan dengan nada keras ditandai dengan .....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar