Senin, 23 September 2019

Kelas 2 tema 3 subtema 2 pembelajaran 5


Hari/Tanggal                                  : Selasa, 24 September 2019
Kelas                                              : 2B
Tema/Subtema/Pembelajaran        : 3 (tugasku sehari-hari)/ 2 (tugasku sehari-hari di sekolah)/ 5Alat Peraga                                    : Gambar

MATERI AJAR

Bahasa Indonesia
1.      Meringkas cerita rakyat yang dipilih
2.      Menceritakan cerita rakyat dengan kata-kata sendiri

Contoh meringkas cerita rakyat berjudul “Kancil dan Buaya”Si kancil sedang berjalan menuju hutan untuk kembali setelah mencari makan di ladang pak tani. Di tengah jalan dia harus menyeberang sungai yang dihuni banyak sekali buaya yang sangat lapar.
Hasil gambar untuk gambar dongeng kancil dan buaya
Kawanan buaya sangat senang melihat kancil, tapi si kancil mensyaratkan buaya harus dihitung terlebih dahulu. Buaya menyetujui dan sikancil memulai menghitung jumlah buaya.
Akhirnya kebijaksanaan kancil si kancil berhasil, buaya tercengang alasannya yakni si kancil yang pintar berhasil memperdaya buaya. Si kancil pribadi pergi setelah menghitung buaya terakhir di ujung sungai.
Si kancil pun pribadi berlari ke dalam hutan dan bebas dari cengkraman buaya lapar.
Latihan halaman 65 di Buku 2C.

PPKn
1.      Mendengarkan cerita “memilih ketua kelas baru”
2.      Berdiskusi tentang sikap terbaik saat menghadapi perbedaan dengan teman
3.      Mendata cerita rakyat pilihan teman

Memilih ketua kelasPada pemilihan ketua kelas, terdapat beberapa calon kandidat ketua kelas, kemudian setiap siswa menulis nama calon ketua kelas di kertas. Setelah semua kertas terkumpul diadakan perhitungan untuk melihat suara terbanyak. Suara terbanyak akan terpilih menjadi ketua kelas. Dalam pemilihan ketua kelas harus tertib.


Sikap menyikapi ketika berbeda pilihan
·         Tidak marah ketika berbeda pilihan
·         Tidak bermusuhan walau berdeda pilihan
·         Tidak memaksakan teman untuk sama dengan pilihan kita

Contoh sikap mau bekerja sama:
1.      Saling tolong menolong
2.      Sikap menerima keputusan yang telah di sepakati
3.      Membersihkan kelas bersama-sama.


Latihan pada buku 2C halaman 65.

Minggu, 22 September 2019

Kelas 2 tema 3 subtema 2 pembelajaran 3 dan 4

Hari/Tanggal                                  : Senin, 23 September 2019
Kelas                                              : 2B
Tema/Subtema/Pembelajaran        : 3 (tugasku sehari-hari)/ 2 (tugasku sehari-hari di sekolah)/ 3&4Alat Peraga                                    : Gambar, Mata Uang

MATERI AJAR

Bahasa Indonesia
1.      Membaca cerita berjudul “Koperasi Sekolah”
2.      Menceritakan tentang kegiatan koperasi yang ada di sekolah siswa
3.      Memahami pemenggalan kata yang dibaca
4.      Mendengarkan penjelasan permainan pesan berantai
5.      Memainkan permainan pesan berantai
6.      Menulis kalimat dengan bantuan kata-kata tertentu

Koperasi SekolahKoperasi sekolah menjual kebutuhan siswa, seperti alat tulis, seragam sekolah, kue dan minuman. Koperasi berguna untuk membantu siswa agar siswa tidak perlu pergi jauh untuk membeli barang kebutuhan saat di sekolah. Koperasi juga merupakan tempat untuk bertransaksi antara siswa dengan penjaga koperasi. Bertransaksi adalah kegiatan berjual beli barang kebutuhan. Dengan bertransaksi di koperasi siswa dapat belajar mengenal nilai uang yang di belanjakannya.
Hasil gambar untuk gambar koperasi sekolah

Pemenggalan Kata
Pemenggalan kata merupakan pemisahan huruf/kelompok huruf dari kata.
Sebelum melakukan pemenggalan kata, yang harus dipahami terlebih dahulu adalah membedakan huruf vokal dengan huruf konsonan. Huruf vokal terdiri dari a, i, u, e, o. Sedangkan huruf konsonan adalah huruf selain vokal contoh k, j, l, m, n, j dan lain - lain.  Setelah memahami huruf vokal dan huruf konsonan, selanjutnya adalah memahami suku kata. Suku kata merupakan bagian kata, cara mudah menentukan suku kata yaitu dengan memperhatikan pengucapan. Pemenggalan kata dasar baik kata Indonesia maupun kata serapan, dilakukan dengan prinsip otografis.

Contoh:

Sekolah > Se – ko – lah
Seragam > Se – ra – gam
Koperasi > Ko – pe – ra - si
Belanja > Be – lan – ja Transaksi > Trans – ak - si
Ideal > I – de - al

Latihan soal di Buku Siswa Tema3 halaman 58 dan buku 2C halaman 60.

Membuat kalimat dari kata dibawah:
Daerah asal = Romi merupakan siswa pindahan dari daerah asal Bali.
Berbeda = Meskipun berbeda suku Romi tidak memilih teman
Kerja sama = Dengan kerja sama , pekerjaan akan terasa ringan
Membantu = Ayah membantu Beni menghitung uang dari pemberian tante Rina.
Bermain = Beni dan Tiur asik belajar sambil bermain kartu uang
Kartu uang = Ibu guru  memberi tugas siswa membuat kartu uang


Matematika
1.      Menuliskan harga barang dan mata uang yang sesuai
2.      Menuliskan nilai mata uang yang setara atau sama
3.      Memahami nilai uang rupiah sesuai gambar
4.      Menuliskan jumlah uang sesuai gambar mata uang
5.      Memasangkan kelompok uang yang bernilai sama

Pecahan Mata UangNama mata uang Indonesia adalah rupiah. Rupiah disingkat Rp. Jenis mata uang ada uang kertas dan uang logam.
·  Cara menulis mata uang contohnya:
1.      seribu rupiah ditulis Rp 1.000,00
2.      lima ribu rupiah ditulis Rp 5.000,00
3.      sepuluh ribu rupiah Rp 10.000,00
·  Cara membaca nilai mata uang, contohnya:
1.      Rp 20.000,00 dibaca dua puluh ribu rupiah
2.      Rp 10.000,00 dibaca sepuluh ribu rupiah.
·  Satu nilai mata uang mempunyai nilai kesetaraan dengan mata uang yang lain.
Contoh:
1.      1 lembar lima ribu rupiah senilai dengan 2 lembar dua ribu rupiah dan 1 lembar seribu rupiah
2.      2 lembar uang seribu rupiah senilai dengan 1 lembar uang dua ribu rupiah
3.      Selembar uang seribu rupiah senilai dengan 2 keping uang lima ratus rupiah.
4.      2 keping uang logam lima ratus senilai dengan 1 lembar uang seribu rupiah

Hasil gambar untuk gambar pecahan mata uang
Hasil gambar untuk gambar pecahan mata uang logam 500 dan 1000
Hasil gambar untuk gambar pecahan mata uang logam 500
Latihan Soal: Kerjakan latihan di buku cetak 2C halaman 55 dan 61.

PPKn
1.      Menuliskan pendapat tentang adanya perbedaan dalam kesukaan warna pada masing-masing anak
2.      Menuliskan warna kesukaan dari 10 orang teman di sekolah
3.      Menuliskan kesimpulan tentang warna apa yang paling banyak disuka anak laki-laki dan anak perempuan
4.      Mencari tahu asal daerah teman
5.      Menentukan sikap yang terbaik saat bermain dengan teman yang berbeda daerah asal

Keberagaman karakteristik individuJika teman memiliki warna kesukaan yang berbeda dengan mu, sikap yang baik adalah tetap menghormati pilihan teman, karena setiap orang memiliki perbedaan. Dalam kehidupan sehari-hari, kita selalu bersinggungan dengan perbedaan. Kita berbeda dan memiliki perbedaan karena perbedaan adalah harmoni yang membuat hidup kita lebih berarti. Di dalam perbedaan, tersimpan arti yang pantas untuk dimengerti. Dengan perbedaan, kita mampu merasakan makna kebersamaan, sehingga kita bisa memahami bahwa perbedaan adalah alasan untuk sebuah pengertian. Perbedaan seringkali menjadi pemicu masalah yang berlanjut menjadi konflik bila kita memahami, mengatasi dan menyikapinya dengan cara yang tidak tepat. Untuk itu kita harus lebih bijak ketika sedang mengalami perbedaan pilihan dengan orang lain, dengan menghargai/menghormati pilihan orang tersebut yang berbeda dengan pilihan kita dan tidak boleh marah jika pilihan kita berbeda dengan pilihan orang lain.

Contoh menuliskan warna kesukaan teman:
Warna
Nama Murid yang Suka
Jumlah
Biru
Cayo, Dafina
2
Hijau
Dinda
1
Orange
Qela, Azra, Reja, Kafi
4
Latihan soal di buku cetak 2C halaman 57 dan 59.

Kamis, 19 September 2019

Kelas 2 tema 3 subtema 2 pembelajaran 2

Hari/ Tanggal                         : Jumat, 20 September 2019
Tema/Subtema/Pembelajaran  : 3 (Tugasku Sehari-hari)/2 (Tugasku Sehari-hari di Sekolah )/2
Alat peraga                              :  Gambar

Materi Ajar

B. Indonesia
Merawat Peralatan Sekolah
Peralatan sekolah harus dirawat bersama, agar tidak mudah rusak. .
Kegiatan merawat peralatan sekolah dapat dilakukan dengan cara; merapikan kembali alat-alat yang telah selesai digunakan, menyimpan alat ke tempat semula, meminjam peralatan sekolah dengan memberi tahu guru.
Mengamati gambar dan memasangkan kata yang tepat untuk menjelaskan gambar. Berikut contohnya:
                                  Saling bekerja sama
                           Setia kawan                
                             Ingin menang sendiri         
             
Latihan memasangkan jawaban yang tepat dengan melingkari a atau b. ( buku tematik 2 C halaman 51 ).

Membaca teks yang berkaitan mengenai sikap yang tidak terpuji yaitu mengejek teman. Seperti pada teks halaman 52. 

Menuliskan 5 nama anak perempuan dan 5 anak laki-laki yang ada dikelasmu!