Selasa, 03 September 2019

Kelas 2 tema 2 subtema 4 pembelajaran 1


Hari/ tanggal    : Rabu4September 
Kelas.                 : 2B
Tema/ Subtema/Pembelajaran   : 2 (bermain di lingkungan ku)/ 4 (bermain di tempat wisata)/ 1
Alat peraga                                         : Gambar, lagu naik kereta api

MATERI AJAR
Bahasa Indonesia
1.      Membaca cerita dan percakapan tentang perjalanan ke tempat wisata
2.      Menyimak cerita
3.      Membaca percakapan yang berisi ungkapan tanya jawab
Kalimat tanya digunakan untuk menanyakan sesuatu kepada orang lain dan mengharapkan jawaban. Kalimat tanya biasanya diawali dengan kata tanya dan diakhiri dengan tanda tanya (?). Bagaimana cara membuat kalimat tanya?
Ada beberapa kata tanya yang bisa digunakan untuk membuat sebuah kalimat tanya.


1.      Siapa, digunakan untuk menanyakan nama.
Contoh:
Kalimat tanya: Bersama siapa kita ke pantai, kak?
Kalimat jawaban : sama om Barta dan Anaknya.
2.      Kapan, digunakan untuk menanyakan waktu.
Contoh:
Kalimat tanya: Kapan kita berangkat ke pantai?
Kalimat jawaban: Kita berangkat pukul tujuh pagi.
3.      Di mana, ke mana, dari mana, digunakan untuk menanyakan tempat.
Contoh:
Kalimat tanya: Di mana kita akan menginap?
Kalimat jawaban: kita menginap di rumah nenek yang dekat dengan pantai.

Kalimat tanya: Ke mana kita akan pergi?
Kalimat jawaban: kita akan pergi ke pantai.
4.      Berapa, digunakan untuk menanyakan jumlah.
Contoh:
Kalimat tanya: Berapa lama kita berwisata?
Kalimat jawaban : kita berwisata selama 3 hari.
5.      Apa, digunakan untuk menanyakan benda atau suatu hal
Contoh:
Kalimat tanya: Apa yang kakak bawa ke pantai?
Kalimat jawaban: Aku membawa sekop pasir untuk bermain, dan makanan.
6.      Mengapa, digunakan untuk menanyakan sebab.
Contoh:
Kalimat tanya: Mengapa kita pergi ke pantai?
Kalimat jawaban: Karena sekalian kita berkunjung ke rumah nenek dan aku ingin bermain pasir di pantai.




Matematika
1.      Memahami konsep sifat pembagian dengan bilangan 1 dan dengan bilangan yang menghasilkan bilangan 1
2.      Mengerjakan pembagian dengan bilangan 1 dan dengan bilangn yang menghasilkan bilangan 1
Suatu bilangan jika dibagi dengan bilangan 1, maka hasilnya bilangan itu sendiri.
Sebuah bilangan jika dibagi dengan bilangan itu sendiri, maka hasilnya adalah 1.
Sifat pembagian dengan bilangan 1
Contoh
Rona menyisihkan 2 potong ikan goreng. Semua ikan itu untuk Muez si kucing. Berapa ikan yang di terima Muez?
Jawab:             2 : 1 = 2Jadi, Muez menerima 2 potong ikan.
Sifat pembagian suatu bilangan dengan bilangan itu sendiri
Contoh
                        
gambar kue                                                     gambar piring
Ada 6 kue. Kue itu akan diletakkan si atas 6 piring sama banyak. Berapa kue di setiap piring?
Jawab:                         6 : 6 = 1
Latihan soal di buku 2b halaman 125.


SBdP
1.      Melakukan persiapan alat dan bahan untuk melukis kerang
2.      Melukis kerang sesuai petunjuk yang diberikan
Cara membuat Kerang hias dapat dilihat di buku 2b halaman 122-123.

Senin, 02 September 2019

Kelas 2 tema 2 subtema 3 pembelajaran 6

Hari/ tanggal                                       :Selasa3 September 2019
Kelas                                                   : 2B
Tema/ Subtema/Pembelajaran            : 2 (bermain di lingkungan ku)/ 3 (bermain di lingkungan sekolah)/ 6
Alat peraga                                         : Gambar, tabel perkalian

MATERI AJAR
Bahasa Indonesia
1.      Melengkapi cerita berjudul Ayah Yovi Sakit
2.      Menyimak teknik dasar menggiring bola
3.      Mencari tahu arti kata-kata tertentu
4.      Mengamati dan menulis ciri-ciri benda
Makna/arti kata
·         Tim: kelompok, regu
·         Inti: bagian yang utama, yang penting peranannya dalam suatu proses atau pelaksanaan kerja
·         Gol: tercapai maksudnya (tujuan); berhasil (tentang mosi, rancangan, dan sebagainya)
·         Gawang: dua tiang yang berpalang sebagai tempat sasaran memasukkan bola (dalam permainan sepak bola dsb)
·         Penalti: tendangan atau tembakan hukuman karena melanggar peraturan permainan di daerah depan gawang pada batas yang tentu (dalam sepak bola, polo air, dsb)
·         Teknik: cara (kepandaian dan sebagainya) membuat atau melakukan sesuatu yang berhubungan dengan seni
·         Strategi: rencana yang cermat mengenai kegiatan untuk mencapai sasaran khusus
·         Rutin: prosedur yang teratur dan tidak berubah-ubah
·         Mengecoh: menipu, mengakali (terutama dengan cara-cara yang kurang baik); membohongi (dengan maksud menipu)
Ciri-ciri benda
Terdapat banyak benda disekitar kita. Benda memiliki wujud sifat dan cici cirri yang berbeda-beda. Misal meja memiliki cirri berbentuk persegi panjang, terbuat dari bahan kayu, dan biasa dipakai untuk menulis, meletakkan susuatu diatasnya dan lain lain.
Bola memiliki cirri berbentuk bulat, bagian luarnya terbuat dari kulit, karet atau plastic. Dibagian dalam berisi udara. Dan biasa digunakan untuk olahraga.
Pengamatan keragaman benda dalam permainan sepak bolaAlat dan bahanPeluit, bola, kartu
Contoh hasil pengamatan:Nama benda: peluit
Ciri-ciri benda: kecil, ditiup dapat berbunyi nyaring
Bentuk: padat, keras, permukaan halus
Latihan soal:
Buatlah kalimat dengan kata-kata sbb
1.      Tim
2.      Teknik
Sebutkan ciri-ciri peluit, ranting pohon, kardus


PKn
1.      Memahami sikap yang  baik untuk dilakukan saat teman kesusahan
2.      Berdiskusi membuat aturan cara menggiring bola
Dalam bermain Setiap anggota harus mematuhi aturan dalam permainan. Agar permainan berjalan dengan tertib. Penonton juga harus tertib. Penonton tidak boleh melempar bendabenda ke tengah lapangan. Kalau tidak tertib, akan mengganggu proses permainan. Sama seperti tata tertib di sejolah, kalau tata tertib di sekolah dijalankan, akan bermanfaat dalam kehidupan kita. Kita akan terlatih untuk lebih disiplin. Selain itu, kita juga terbiasa hidup rapi dan bersih. Kita juga terlatih untuk bertanggung jawab dengan kegiatan yang kita kerjakan, serta membiasakan diri untuk ramah kepada orang lain. Membiasakan hidup tertib memiliki banyak manfaat dalam hidup.
Kalau kita tidak mematuhi tata tertib di sekolah, akan berakibat kurang baik. Kita pasti akan mendapatkan sanksi. Kalau pertama kali melanggar, akan mendapatkan peringatan dahulu. Namun, kalau sudah lebih dari sekali akan langsung mendapatkan hukuman. Jika pelanggarannya terlalu parah, orang tua kita akan dipanggil.
Latihan soal di buku 2b halaman 110


Matematika
1.      Memahami kembali penggunaan tabel perkalian untuk pembagian
2.      Mengerjakan soal-soal pembagian dengan bantuan tabel perkalian
Tabel perkalian untuk pembagian
Gambar terkait
Cara menggunakannya, yaitu:
Kita menghitung pembagian bilangan 15 dengan bilangan 5. Perkalian bilangan 15 yang sebaris dengan bilangan 5, ternyata ada di
 lajur 3. Jadi, 15 : 5 = 3.
Latihan soal buku 2b halaman 112

Minggu, 01 September 2019

Kelas 2 tema 2 subtema 3 pembelajaran 4 dan 5

Hari/ tanggal                                       : Senin/2 September 2019
Kelas                                                   : 2B
Tema/ Subtema/Pembelajaran            : 2 (bermain di lingkungan ku)/ 3 (bermain di lingkungan sekolah)/ 4&5
Alat peraga                                         : Gambar, kertas, karet, batu, dsb.

MATERI AJAR

Bahasa Indonesia
1.      Mengamati gambar permainan tradisional dan menjelaskannya, membaca teks tentang macam-macam bola
2.      Membaca teks berjudul Permainan Tradisional
3.      Menjawab pertanyaan sesuai teks permainan tradisional
4.      Menjelaskan wujud benda-benda yang di pakai bermain
5.      Memahami keragaman benda dengan menjelaskan ciri-ciri dan bahan pembuat benda (bola)
6.      Memilih dan menulis sikap yang sesuai aturan di sekolah
7.      Melakukan pengamatan benda pada bola kertas dan keragaman benda

Permainan tradisionalBangsa Indonesia memiliki beragam permainan tradisional. Permainan tradisional adalah permainan yang dimainkansesuai dengan tradisi budaya setempat. Contoh permainan tradisional adalah petak umpet, egrang, layang-layang, engklek, kelereng dan lain-lain. Permainan tradisional tidak membutuhkan banyak biaya dan sangat mudah melakukannya.

Ciri-ciri benda
Terdapat banyak benda disekitar kita. Benda memiliki wujud sifat dan cici cirri yang berbeda-beda. Misal meja memiliki cirri berbentuk persegi panjang, terbuat dari bahan kayu, dan biasa dipakai untuk menulis, meletakkan susuatu diatasnya dan lain lain.
Bola memiliki cirri berbentuk bulat, bagian luarnya terbuat dari kulit, karet atau plastic. Dibagian dalam berisi udara. Dan biasa digunakan untuk olahraga.

Pengamatan benda pada bola kertasAlat dan bahankaret gelang, kertas, batu
Contoh hasil pengamatan:Nama benda: karet gelang
Ciri-ciri benda: Elastis dapat mengikat benda benda menjadi satu
Bentuk: berbentuk lingkaran kecil yang lentur

Pengamatan keragaman bendaAlat dan bahanbola, pensil, buku.
Contoh hasil pengamatan:Nama benda: bola
Ciri-ciri benda: bagian dalam bola berisi udara, terbuat dri kulit atau plastik
Bentuk: berbentuk lingkaran
Latihan soal:Latihan soal di buku 2b halaman 98.
Sebutkan ciri-ciri bola, buku, pensil


Matematika
1.      Memahami hubungan kebalikan operasi pembagian bilangan
2.      Mengerjakan soal-soal pembagian
Pembagian dapat diubah menjadi bentuk perkalian.
Contoh
Andi memasukkan 6 bola kertas ke dalam 3 kantong plastik, maka, 6 : 3 = 2, terdapat 2 pada setiap kantong plastik. Jika dibalik, sebanyak 3 kantong plastik mendapatkan 2 bola kertas setiap kantong.
Kalimat matematikanya menjadi: 2 × 3 = 6.
Jadi, 6 : 3 = 2 karena 2 × 3 = 6.
Latihan soal:
1.  8 : 2 = .... karena .... × .... = ....
2. 10 : 2 = .... karena .... × .... = ....
3. 12 : 3 = .... karena .... × .... = ....
4. 14 : 7 = .... karena .... × .... = ....
5. 15 : 5 = .... karena .... × .... = ....



SBdP
1.      Memahami pengertian karya imajinatif
2.      Membuat atau melukis gambar bebas dengan teknik yang di tentukan siswa sendiri, yaitu teknik sablon atau teknik tiupan

Karya imajinatif
Karya imajinasi dibuat berdasarkan imajinasi. Seni rupa dua dimensi adalah suatu karya seni rupa yang memiliki dua sisi saja, yaitu sisi panjang dan lebar, sehingga tidak mempunyai ruang karena tidak mempunyai unsur ketebalan.


PKn
1.      Mengamati gambar dan menceritakannya
2.      Membaca teks tentang aturan bermain di sekolah
3.      Menentukan gambar yang sesuai atau tidak sesuai aturan sekolah

Aturan dan tata tertib di sekolah
Setiap aturan dibuat untuk dipatuhi. Jika ada yang melanggar auran maka akan dikenakan hukuman yang sesuai.
Dalam tata tertib upacara bendera, semua murid wajib mengikuti upacara bendera pada hari Senin. Setiap peserta upacara harus tertib, tidak boleh berisik.
Sementara itu, dalam tata tertib di kelas, kita harus datang ke sekolah sebelum pembelajaran dimulai. Sebelum masuk ke kelas, kita harus berbaris dengan rapi di depan kelas. Setelah tanda bel masuk dibunyikan, semua siswa harus sudah berada di kelas. Kita diharuskan berdoa sebelum pelajaran dimulai dan setelah pelajaran berakhir dipimpin oleh ketua kelas. Kebersihan, kerapian, dan keindahan kelas menjadi tanggung jawab ketua kelas dan seluruh siswa. Siswa yang bertugas piket pada hari itu wajib menyirami tanaman yang berada di depan kelasnya. Setiap siswa harus berperilaku senyum, salam, sapa, sopan, dan santun.
Berikut contoh aturan yang harus di patuhi saat berada di lingkungan sekolah: 

 Tidak datang terlambat
·         Memakai seragam sekolah
·         Tidak merusak gedug dan alat-alat sekolah
·         Bermain hanya saat istirahat
·         Tidak bermaindi dalam kelas
·         Tidak bermain sesuatu yang berbahaya
·         Tidamerusak tanaman sekolah
·         Tidak bertengkar


Latihan soal di buku 2b halaman 104