Selasa, 13 Agustus 2019

Kelas 2 tema 2 subtema 1 pembelajaran 3

Hari/ tanggal                                       : Rabu / 14 Agustus 2019
Kelas                                                   : 2 B
Tema/ Subtema/Pembelajaran            : 2 ( Bermain di Lingkunganku)/ 1 ( Bermain di Lingkungan Rumah)/ 3
Alat peraga                                          : Lagu video, Gambar



MATERI AJAR

Bahasa Indonesia
  1. Membaca teks bacaan "Benda-benda di Sekitar Kita" dengan intonasi yang tepat. Kemudian mencari kata-kata yang memiliki makna.
    Contoh:
    Halus = Halus berarti tidak kasar. Halus juga berarti lembut. Halusjuga berarti licin.
    Basah = Basah berarti mengandung air atau barang cair. 
    Berubah = Berubah berarti berbeda dari sebekumnya.
  2. Melengkapi kata yang kosong agar menjadi sebuat kalimat yang padu.
    Contoh:
    Batu lebih ....... daripada kertas = ringan
    Melon lebih ....... daripada jeruk = besar
  3. Mengamati gambar benda yang disajikan serta menjawab pertanyaan yang berkaitan dengan gambar tersebut dengan huruf tegak bersambung.
  4. Menyebutkan ciri-ciri benda.
    Setiap benda memiliki ciri-ciri. Ukuran, bentuk, dan permukaan adalah ciri-ciri benda.
  • Ukuran benda
    Ukuran benda berbeda-beda. Ada yang kecil ada yang besar. Ada yang panjang dan ada yang pendek.
    Gambar terkaitHasil gambar untuk contoh gambar bentuk  pensil  lebih kecil dan besar
    Sisir lebih panjang daripada pensil
Gambar terkaitHasil gambar untuk contoh gambar penghapus 
Buku lebih besar daripada penghapus
  •  Permukaan benda
    Bagian luar benda disebut permukaan benda. Permukaan benda ada yang kasar dan ada yang halus.
    Hasil gambar untuk contoh gambar kertas      Hasil gambar untuk contoh gambar permukaan kasar
Permukaan kertas lebih halus daripada permukaan batang pohon

  • Warna benda
    Benda alam memiliki warna tertentu. Cabai berwarna merah. Susu bewarna putih.
    Hasil gambar untuk contoh gambar cabai Gambar terkait
Cabai bewarna merah dan susu bewarna putih



SBdp
Menyanyikan lagu Topi Saya Bundar dengan tepat. Lagu dinyanyikan dengan tekanan kuat dan lemah. Pada bagian tertentu lirik lagu dinyanyikan dengan keras. Lirik lagu yang dinyanyikan dengan keras ditandai denga
Contoh:   
 
5    | 5   .   3 | 1  .   5  | 2  .  .  | 
Ka  lau     ti   dak bun  dar
 
| 0.  1  |  7 . 5 | 6 . 7 | 1 . . |
 Bu kan to  pi  sa ya




Matematika
Menentukan perkalian dengan penjumlahan berulang.
Hasil gambar untuk gambar pensil 4   Hasil gambar untuk gambar pensil 4
      
                                                             4              +            4       =    2   x   4   =  8
Penjumlahan 4 sebanyak 2 kali sama dengan perkalian 2 dari 4.
Bentuk bentuk 4 x 3 , 3 x 2 , 2 x 5 , disebut bentuk perkalian.
x adalah tanda kali.
4 x 3 dibaca empat kali tiga
3 x 2 dibactiga kali dua
2 x 5 dibaca dua kali lima
Contoh:
3 x 4 = 4 + 4 + 4 = 12
3 x 5 = 5 + 5 + 5 = 15
4 x 3 = 3 + 3 + 3 + 3 = 12
5 x 2 = 2 + 2 + 2 + 2 + 2 = 10
5 x 3 = 3 + 3 +3 + 3 + 3 = 15




Contoh soal:
Bahasa Indonesia
Susunlah huruf-huruf berikut hingga membentuk kata yang di maksut

Tidak berubah keadaan atau bentuknya
E
P
A
T
T







Mengandung air
A
S
A
B
H
 





Licin, lembut atau tidak kasar
S
L
U
A
H
 





Matematika
  1. Kaisar meletakkan krikil pada 4 lubang saat bermain congklak. Setiap lubang diisi 5 krikil.
    a. Tuliskan kalimat matematikanya!
    b. Tentukan hasilnya!
  2. 3 x 2 = ..... + ..... + ..... = .....
  3. 4 x 6 = ...... + ..... + .... + ..... = .....
SBdP
Lirik lagu yang dinyanyikan dengan nada keras ditandai dengan .....

Senin, 12 Agustus 2019

Kelas 2 tema 2 subtema 1 pembelajaran 2

Hari/ tanggal                                       : Selasa / 13 Agustus 2019
Kelas                                                   : 2 B
Tema/ Subtema/Pembelajaran            : 2 ( Bermain di Lingkunganku)/ 1 ( Bermain di Lingkungan Rumah)/ 2
Alat peraga                                          :Gambar 


MATERI AJAR


Bahasa Indonesia
  1. Membaca teks bacaan dan menjawab pertanyaan yang berkaitan dengan isi teks bacaan tersebut.Contoh:
    Bermain Simpai
    Tahukah teman-teman, apakah simpai itu?
    Pernahkah teman-teman memainkannya?
    Simpai adalah alat permainan yang berbentuk
    lingkaran.
    Simpai terbuat dari rotan.
    Simpai dapat dipakai untuk bermain dan
    berolahraga.
    Cara memainkannya dengan memutar simpai
    di pinggang.
    Kemudian, pinggang digoyangkan mengikuti
    putaran simpai tersebut.
    Permainan ini dapat dilakukan secara
    bersama-sama.
    Pemenangnya adalah pemain yang dapat
    mempertahankan putaran simpai paling lama.
     Pertanyaan:
    Apakah simpai itu? Simpai adalah alat permainan yang berbentuklingkaran
    Bagaimana cara memainkan simpai itu?  Cara memainkannya dengan memutar simpai di pinggang. Kemudian, pinggang digoyangkan mengikuti putaran simpai tersebut.

  2. Memperagakan teks percakapan yang disajikan dan menjawab pertanyaan berkaitan dengan isi percakapan.  
  3. Mengamati gambar benda simpai dan menuliskan/menceritakan bentuk, warna dari benda tersebut.
    Hasil gambar untuk gambar hulahop
    Simpai berbentuk bulat, terbuat dari rotan yang dibuat melingkar, bisa dipakai buat berolahraga, simpai bewarna prange dan hitam, cara memaainkannya 

    dengan memutar simpai di pinggang. Kemudian, pinggang digoyangkan mengikuti putaran simpai tersebut.
  4. Menyusun kata hingga menjadi sebuah kalimat. Dimulai dari kata yang bercetak miring.
Contoh: 
Menyehatkan - olahraga - badan - itu = olahraga itu menyehatkan badan.
Lupa - jangan - bermain - waktu = bermain jangan lupa waktu


PKn
Sikap yang mematuhi peraturan ketika bermain. Bermain termasuk kegiatan yang baik. Namun, bermain harus mematuhi peraturan agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan bahkan berbahaya. Semua aturan itu harus dipatuhi demi kebaikan kita.
Aturan ketika bermain sbb:
  • Berpamitan kepada orang tua sebelum bermain
  • Bermain tidak lupa waktu
  • Bermain dengan rukun
  • Tidak melakukan permainan yang berbahaya
  • Tidak bermain ketempat yang jauh
Contoh gambar bermain mematuhi peraturan:
Bermain layang-layang pada tempatnya yaitu lapangan luas
Gambar terkait

Bermain dengan rukun
Hasil gambar untuk gambar bermain engklek


Contoh gambar bermain tidak mematuhi peraturan:
Bermain layang-layang dekat tiang listrik sangat berbahaya
Hasil gambar untuk gambar bermain layang layang tiang listrik

Bermain petasan sangat membahayakan diri sendiri maupun orang lain






Contoh soal:
Bahasa Indonesia
Susunlah kata berikut hingga menjadi sebuah kalimat yang tepat di awali kata yang bercetak miring!
  1. Melakukan - tidak - yang - permainan - berbahaya
  2. Lupa - bermain -waktu - tidak
  3. Orang tua - sebelum - kepada -berpamitan - bermain
PKm

  1. Apa yang terjadi jika kita tidak mematuhi aturan saat bermain?
  2. Sebelum pergi bermain sebaiknya kita ......
  3. Cika sedang bermain ayunan, Popi ingin mengganggu Cika, Popi mau mendorong Cika dengan kencang. Bagaimana sikap Popi menurutmu?

Minggu, 11 Agustus 2019

Kelas 2 tema 2 subtema 1 pembelajaran 1

Hari/ tanggal                                       : Senin / 12 Agustus 2019 
Kelas                                                   : 2
Tema/ Subtema/Pembelajaran            : 2 ( Bermain di Lingkunganku)/ 1 ( Bermain di Lingkungan Rumah)/ 1
Alat peraga                                          : Video, lagu, gambar / benda konkret


Contoh gambar bermain di lingkungan rumah





MATERI AJAR


Bahasa IndonesiaMembaca teks, menjawab isi teks, dan menceritakan kembali isi teks dengan bahasa sendiri.
1.      Membaca bersama-sama isi teks bacaanyang telah disajikan.
2.      Menjawab pertanyaan yang berhubungan dengan isi teks bacaan yang telah di baca bersama-sama.
3.      Menceritakan kembali isi teks bacaan yang telah dibaca dengan bahasa sendiri.
Contoh:
Bermain Perahu Kertas

Beni sangat senang bermain perahu kertas.
Permainan ini sangatlah sederhana.
Satu lembar kertas bisa menghasilkan sebuah perahu.
Perahu yang telah selesai dibuat diapungkan di dalam baskom berisi air.
Selain itu juga bisa diapungkan pada genangan air di saat hujan turun.
Perahu dapat berlayar dengan bantuan angin.
Beni sangat menyukai permainan ini.

1.      Apa saja benda yang digunakan dalam bermain perahu kertas?
Jawab: satu lembar kertas, baskom berisi air.
2.      Bagaimana cara memainkan perahu tersebut?
Jawab: apungkan perahu kertas ke dalam baskom berisi air kemudian perahu pun dapat berlayar dengan bantuan angin.

Menuliskan benda-benda yang terdapat pada gambar.
 
Benda yang terlihat pada gambar yaitu: perahu kertas, air, baskom dan topi kertas.


Matematika
Menyatakan perkalian dua bilangan.
Perkalian merupakan penjumlahan berulang dari bilangan yang sama. Simbol untuk perkalian adalah “ X 

Contoh:
*  Beni membuat 2 buah perahu kertas.
Tiur juga membuat 2 buah perahu kertas.
Kemudian, ayah juga membuat 2 buah perahu.
kertas lagi.
Jika digabungkan, berapa jumlah perahu semuanya?

*  Di toko buku, Ayah membeli 2 buah buku.
Ino juga membeli 2 buah buku.
Kemudian, Ayah membelikan Ibu 2 buah buku.
Jumlah buku yang dibeli adalah?
Jawab:
Ada 3 kali penjumlahan 2.
  
                                            2 + 2 + 2 = 6
Ditulis dalam bentuk perkalian: 3 x 
2 = 6.
Jadi, banyaknya buku yang dibeli adalah 6 buah.

  • Perhatikan contoh lain berikut:
    Satu gambar ada 2 buku.
1.    Gambar terkait                      2.Gambar terkait
                                                                  2 + 2 = 4
                             2 x 2 = 4

1.Gambar terkait2.Gambar terkait
3.Gambar terkait
                                                                  2 + 2 + 2 = 6
                                                        
                3 x 2 = 6


SBdP
·        Menyanyikan lagu anak yang bejudul “Berdayung” secara bersama-sama.
Bernyanyi adalah mengeluarkan suara yang beratuan. Ketika kita bernyanyi, kita mengeluarkan bunyi beraturan. Suara beraturan itu disebut nada. Nada ada yang panjang dan ada yang pendek. Panjang pendek nada dapat dihitung. Satuan hitungannya yaitu ketukan.
Pada not lagu terdapat tanda titik. Tanda titik berguna untuk memperpanjang nada 1 ketukan. Bila terdapat 1 titik maka lagu diperpanjang 1 ketukan. Bila terdapat 2 titik maka lagu di perpanjang 2 ketukan.





Contoh Soal:
Bahasa Indonesia
·         Ceritakan kembali dengan bahasamu cerita Membuat Topi dari Kertas Koran pada buku 2b hlmn 3.

Matematika
  1. Tuliskan penjumlahan berulang berikut dalam bentuk perkalian!
    ·         4 + 4 + 4 = 12                                                 =       ....x .... = ....
    ·         5 + 5 + 5 + 5 = 20                                           =      .... x .... = ....
    ·         3 + 3 + 3 + 3 + 3 + 3 = 18                               =       .... x .... = .... 
    ·         7 + 7 + 7 + 7 + 7 =  35                                    =       .... x .... = ....
  2.  Tuliskan perkalian berikut dalam bentuk penjumlahan berulang!
    ·         x 4 = .... + .... + .... = ....
    ·         5 x 3 = .... + .... + ..... + .... + .... = ....
    ·         4 x  6 = .... + .... + .... + .... = ....

SBdp
Bernyanyi lagu Topi Saya Bundar dengan intonasi yang tepat!

Kamis, 08 Agustus 2019

Kelas 2 tema 1 subtema 4 pembelajaran 6

Hari/ tanggal                                       : Jum'at / 9 Agustus 2019
Kelas                                                   : 2
Tema/ Subtema/Pembelajaran            : 1 ( Hidup Rukun)/ 4 ( Hidup Rukun di Masyarakat)/6
Alat peraga                                         : Gambar

MATERI AJAR 

Bahasa Indonesia
Menyebutkan dan menuliskan kalimat penolakan yang berkitan dengan sikap hidup rukun yang terdapat pada dongeng. Ketika menolak permintaan orang lain, kita harus mengucapkannya dengan sopan. Kerukunan akan terjaga bila kita bertutur kata dengan baik. 
Contoh : maafkan aku maya, aku tidak bisa main, aku harus membantu ibuku membawa makanan untuk yang kerja bakti.

Dibawah ini merupakan dongeng tentang menolak permintaan seseorang.

Kisah Jeje si Jerapah
Di padang rumput yang luas hiduplah sekelompok
jerapah. Ada jerapah bernama Jeje dan Jojo.
Jeje bersifat sombong karena merasa tubuhnya
paling tinggi. Jojo bersifat baik hati, tubuhnya tidak
terlalu tinggi.
Pada suatu hari kakek jerapah meminta tolong
pada Jeje dan Jojo. Kakek jerapah minta tolong
diambilkan daun segar.
Namun, Jeje menolak, “ Tidak mau, Kek. Saya
sedang repot.” Jojo dengan sekuat tenaga
mengambil daun segar untuk kakek jerapah.

Suatu hari, Jeje mendapat kesulitan. Jeje jatuh,
kakinya terjepit bebatuan. Teman-teman hewan
lain tidak tega melihat Jeje kesulitan. Mereka
menolong Jeje.
Akhirnya, Jeje sadar bahwa saling menolong antar
teman itu penting.
 Contoh kalimat penolakan dari dongeng di atas adalah "Tidak mau, Kek. Saya sedang repot."

Kalimat permintaan maaf 
Menuliskan kalimat permintaan maaf dari teks percakapan. Kalimat permintaan maaf adalah kalimat yang menunjukkan rasa bersalah kepada orang lain atas perbuatan yang telah dilakukan. Dengan menggunakan kalimat permintaan maaf kepada seseorang merupakan cerminan dari hidup rukun dan dapt menjaga kerukuman antar sesama.
Contoh kalimat permintaan maaf :
Maafkan aku, aku telah memecahkan pot bunga mu.
Maaf, aku tadi merebut bukumu.
Maaf, aku tafi mendorongmu sewaktu main bola.

PKn
Menunjukkan contoh perilaku hidup rukun di masyarakat yang sesuai dengan sila keempat dan kelima Pancasila. Sikap gotong royong, sikap adil dalam menolong orang lain merupakan sikap yang sesuai dengan  pengamalan silakeempat dan kelima Pancasila.
Hasil gambar untuk gambar sila 4
Sila keempat yaitu kerakyatan yang dipimpin oleh khidmat kebijksanaan dalam permusyawaratan perwakilan. Dalam hal ini kita harus bermusyawarah mufakat dalam setiap pengambilan keputusan,  kita tidak boleh memaksakan kehendak kita kepada orang lain, menghormati dan menghargai pendapat orang lain, berhati besar untuk menerima keputusan apapun yang dihasilkan oleh musyawarah dan bekerja sama untuk mempertanggung jawabkan keputusan tersebut.
Contoh:
  1. Mengadakan musyawarah untuk membuat keputusan bersama
  2. Membuat keputusan dengan memperhatikan kepentingan bersama
Gambar terkait

Sila kelima yaitu keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia. Dalam pengamalannya kita harus mengembangkan sikap adil terhadap sesama, menjaga keseimbangan hak dan kewajiban, menghormati hak orang lain dan menghargai hasil karya orang lain yang bermanfaat bagi kemajuan dan kesejahteraan bersama.
Contoh:
  1. Ikut dalam pelaksanakan gotong royong di Lingkungan sekitar.
  2. Memberi pertolongan dan hak hak yang harus diterima kepada orang yang membutuhkan
MTK
Membuat soal cerita dari bilangan yang sudah ada kemudian menyelesaikannya dengan operasi hitung penjumlahan dan pengurangan.
Contoh:
432-123+24= ...
Ayah membeli bendera hias sebanyak 432 bendera untuk di pasang di lapangan pada saat memeriahkan hari kemerdekaan. Bendera tersebut sudah terpasang sebanyak 123 bendera. Kemudian Ibu memberikan 24 bendera hias lagi kepada Ayah. Berapakah sisa bendera yang dimiliki Ayah?
R  P  S             R  P  S  
4   3  2             3   0  9
1   2  3  -              2   4 +
3   0  9             3   3  3 




Contoh Soal:
Bahasa Indonesia
  1. Tuliskan pertanyaan dari dongeng yang telah di bacakan bersama pada halaman 176 BS 
  2. Tuliskan kalimat penolakan yang dapat menjaga kerukunan di masyarakat!
Pkn
  1. Tuliskan contoh pengamalan sila ke 4 di masyarakat
  2. Tuliskan contoh pengamalan sila ke 5 di masyarakat
  3. Manfaat menjaga kerukunan di masyarakat yaitu...
MTK
  1. 431 - 210 + 110 = ...
  2. 256 + 121 - 131 = ... 

Rabu, 07 Agustus 2019

Kelas 2 tema 1 subtema 4 pembelajaran 5

Hari/ tanggal                                       : Kamis / 8 Agustus 2019
Kelas                                                   : 2
Tema/ Subtema/Pembelajaran            : 1 ( Hidup Rukun)/ 4 ( Hidup Rukun di Masyarakat)/5
Alat peraga                                         : Gambar

MATERI AJAR

Bahaasa Indonesia
Menyebutkan dan menuliskan kalimat penolakan dan persetujuan yang dapat  menjaga kerukunan dari teks bacaan yang disajikan.
Kalimat penolakan adalah kalimat yang digunakan untuk menolak suatu ajakan atau permohonan. Sama hal nya dengan kalimat permintaan dan permohonan, kalimat penolakan juga harus diucapkan dengan bahasa yang halus dan sopansehingga bisa menjaga kerukukan antar sesama dengan di awali kata “maaf”, “mohon maaf”, “izin” dan lain-lain 
Contoh kalimat penolakan:
Maaf aku tidak bisa belajar bersama hari ini, aku harus segera menjemput adikku. 
Mohon maaf sebelumnya, aku tidak setuju dengan pendapat kamu Ani.
Kalimat persetujuan adalah kalimat yang digunakan untuk menyetujui sesuatu. Kalimat persetujuan biasanya menggunakan kata ya, baik, baiklah, saya terima dan sebagainya.
Contoh kalimat persetujuan:
Ya, nanti aku datang kerumahmu untuk membantumu menghias sepeda..
Saya terima kritik dan saran dari Ibu, kedepannya akan kami perbaiki.


PKn
Menunjukkan dan mengidentifikasi sikap hidup rukun di masyarakat yang sesuai dengan sila ketiga Pancasila. Sikap penolakan yang sopan juga dapat menjaga kerukunan antar sesama yang menunjukkan persatuan dan kesatuan. Menjaga persatuan dan kesatuan di masyarakat  sesuai dengan pengamalan sila ketiga Pancasila. 
Hasil gambar untuk sila ke tiga
Perwujudan persatuan harus diwujudkan dengan usaha dan komitmen dari seluruh masyarakat. Semua masyarakat harus memiliki kerelaan untuk membangun solidaritas, karena dalam hal ini bukan hanya menyangkut kepentingan orang atau beberapa orang, melainkan kepentingan bangsa dan negara yang menyangkut nasib orang banyak.
Contoh pengamalan sila ke 3: 
  1. Melakukan ronda menjaga keamanan malam bersama-sama.
  2. Melakukan kerjabakti membersihkan lingkungan.
  3. Ikut serta dalam kegiatan warga
  4. Tidak menyebarkan fitnah dalam masyarakat

Contoh soal:
Bahasa Indonesia
  1. Buatlah contoh kalimat penolakan dan persetujuan dari kalimat ajakan berikut "Athar, ayo kita berolahraga bersama di lapangan!"
    Penolakan =
    Persetujuan =
  2. Tuliskan contoh pengamalan sila ketiga di masyarakat!
  3. Mengapa kita harus hidup rukun di masyarakat?