Selasa, 30 Juli 2019

Kelas 2 Tema 1 subtema 3 pembelajaran 4

Hari/ tanggal : Rabu, 31 Juli 2019
Kelas : 2
Tema/Subtema/Pembelajaran : 1(Hidup Rukun) / 3  (Hidup Rukun di Sekolah ) / 3
Alat Peraga : Gambar Imajinatif (berkaitan dengan peralatan sekolah)

                                                         RINGKASAN MATERI

Kalimat perintah pada saat upacara
mengidentifikasi kalimat-kalimat yang diucapkan pemimpin upacarapada saat melaksanakan upacara.
melaksanakan KBM diluar kelas (outdor, lapangan) untuk mempraktikkan sekilas kegiatan upacara guna mengetahui contoh kalimat perintah yang di ucapkan saat upacara oleh pemimpin upacara.
Contoh : Kepada Sang Merah Putih, hormat gerak! 

Operasi penjumlahan cara panjang dan pendek
menyelesaikan soal cerita, contoh :
 

Gambar imajinatif
Gambar imajinatif adalah gambar yang dibuat berdasarkan imajinasi atau khayalan pelukisnya sendiri. Cara dan Langkah langkah menggambar imajinatif
Pikirkan apa yang ingin kamu gambar
Persiapkan semua bahan-bahan yang diperlukan untuk menggambar, seperti buku gambar, pensil, penghapus, crayon.
Buat sketsa gambar.
warnai secara perlahan.

Contoh soal
Tuliskan contoh kalimat perintah saat upacara!
Kalimat perintah dilakukan untuk …… seseorang
Ibu Guru sedang mendata siswa di kelas 2b. diperoleh data sebagai berikut.
Siswa laki-laki  = 135 orang
Siswa perempuan = 355 orang
Berapakan jumlah seluruh siswa di kelas 2b….
Gambar imajinatif adalah….
Bagaimana cara membuat gambar imajinatif…

Senin, 29 Juli 2019

Kelas 2 tema 1 subtema 3 pembelajaran 3

Hari/Tangga : Selasa, 30 Juli 2019
Kelas : II B
Tema/Subtema/Pelajaran : 1 ( Hidup Rukun)/3 (Hidup Rukun di Sekolah)/3
Alat Peraga.      :kertas origami



Bahan dan Alat yang digunakan

• Daun kelapa atau kertas bekas kalender
• Gunting
• Stepler
• Benang kasur
Cara Membuat

Gambarlah beberapa bentuk pola. Misalnya, pola persegi, pola lingkaran, pola lengkung.

Jiplaklah pola itu pada daun.

Guntinglah plastik bekas pembungkus sesuai gambar pola. Hati-hati menggunakangunting. Mintalah bantuan gurumu dalam menggunakan gunting.

Lipatlah guntingan pola itu dan pasanglah pada benang kasur dan rekatkan menggunakan stepler. Hati-hati menggunakan stepler, mintalah bantuan gurumu.

Gantungkan hasil rangkaian pola ini pada tempat yang akan dihias.
Persiapan Peringatan Hari Kemerdekaan dilakukan dengan penuh semangat.
Puncak acaranya adalah Upacara Bendera tepat tanggal 17 Agustus.
Pada upacara nanti akan diperdengarkan lagu-lagu wajib.
Bu

Minggu, 28 Juli 2019

Kelas 2 tema 1 subtema 3 pembelajaran 1dan 2

Hari/Tanggal :Senin,29 Juli 2019
Kelas : II
Tema/Subtema/Pelajaran : 1 (Hidup Rukun)/3 (Hidup Rukun di Sekolah)/2
Alat Peraga : Video dan gambar

RINGKASAN MATERI
Siswa kelas 2 selalu menjaga kerukunan.Mereka bergotong-royong dalam melakukan kegiatan bersama.Hari Kemerdekaan juga diperingati di sekolah.Berbagai lomba diadakan di sekolah.
Setiap kelas wajib mengikuti lomba kebersihan kelas.
Perhatikan gambar di bawah ini.



Apa yang dilakukan oleh para siswa?
Apa akibatnya bila pekerjaan itu tidak dilakukan bersama?
Ceritakan pendapatmu itu kepada teman di dekatmu.

Perhatikan kotak-kotak kapur yang ada di lemari.
Satu kotak berisi 100 kapur.

Urutkan banyak kotak dari yang paling sedikit sampai yang paling banyak.

Urutkan bilangan-bilangan di atas dari yang terkecil sampai terbesar!


Perhatikan hasil urutan bilangan tersebut:

172         174         176         178

Bila digambarkan dalam baris bilangan, letak bilanganbilangan tersebut adalah sebagai berikut.


Urutan bilangan itu merupakan bilangan maju loncat 2.
Bilangan maju loncat dua sama dengan pola +2.
Kita sudah mengenal berbagai pola bilangan.

Sekarang, tentukan pola bilangan pada barisan bilangan berikut!



Urutkan bilangan-bilangan berikut dari terbesar hingga terkecil.



Pikirkan kalimat yang sesuai dengan gambar yang ada.


Tuliskan kalimat itu dengan menggunakan huruf tegak bersambung secara rapi!



Selain kebersihan, kelas juga dinilai keindahannya.
Para siswa menghias kelas dengan hiasan yang berasal dari benda-benda bekas.

Rabu, 10 Juli 2019

KELAS 2 TEMA 1 SUBTEMA 1 HIDUP RUKUN

materi hidup rukun kelas 2 SD

HIDUP RUKUN


sumber :https://www.google.co.id/search?q=gambar+hidup+rukun&rlz=1

Hidup rukun adalah sikap menjaga hubungan baik dengan sesama,tidak bertengkar dengan orang lain dan saling tolong menolong.

Manfaat hidup rukun
     a.     Tidak akan terjadi pertengkaran dan perselisihan
b.    Menciptakan rasa persatuan dan kesatuan bangsa
c.      Menciptakan rasa aman dan damai
d.    Memiliki banyak teman
e.     Hidup menjadi aman dan damai

 Akibat tidak rukun


     a.     Selalu merasa takut
b.     Dibenci oleh banyak orang
c.     Hidup tidak nyamanTidak punya teman

Contoh hidup rukun di rumah


a.     Bermain dengan adik
b.    Belajar dengan kakak
c.      Makan bersama keluarga
d.    Membantu orang tua
e.     Meminjami adik mainan

Contoh hidup rukun di sekolah

a.     Bermain dengan teman
b.     Piket bersama
c.      Berbagi kue dengan teman
d.     Belajar kelompok
e.      Tidak mengejek teman

Contoh hidup rukun di masyarakat

a.     Kerja bakti di kampung
b.     Membantu tetangga yang terkena musibah
c.      Menjenguk tetangga yang sakit
d.    Menyapa tetangga
e.     Tidak menghina orang lain

SALING BERBAGI

Saling berbagi adalah memberikan apa yang kita miliki pada orang lain

Contoh hidup saling berbagi di rumah :
a.     Meminjami adik mainan
b.    Berbagi kue dengan adik

 Contoh hidup saling berbagi di sekolah :
a.     Berbagi kue dengan teman
b.    Meminjami teman pensil
c.       Meminjami penghapus teman

Contoh hidup saling berbagi di masyarakat :
a.     Memberi sedekah kepada pengemis
b.     Memberi sedekah pada fakir miskin

SALING TOLONG MENOLONG

Tolong menolong adalah saling membantu tanpa pamrih antarsesama manusia.
Membantu tanpa pamrih : membantu tanpa mengharapkan imbalan
Manusia tidak dapat hidup sendiri tanpa bantuan orang lain sehingga manusia disebut MAKHLUK SOSIAL

Contoh tolong menolong di rumah :
a.     Membantu kakak memperbaiki sepeda
b.     Membantu adik belajar
c.      Membantu orang tua membersihkan rumah
d.    Membantu ayah membuat pagar rumah

 Contoh tolong menolong di sekolah :
a.     Menolong teman yang jatuh
b.    Menolong teman yang kesulitan belajar
c.      Membantu guru menghapus papan
d.    Membantu menjaga kebersihan kelas

Contoh tolong menolong di masyarakat :
a.     Menolong nenek menyebrang jalan
b.    Membantu tetangga yang ada hajatan
c.       Membantu tetangga yang terkena musibah.

MANFAAT KERJASAMA

a.     Pekerjaan berat menjadi ringan
b.     Pekerjaan cepat selesai
c.       Mempererat tali persaudaraan
d.     Menciptakan persatuan
e.      Hemat waktu
sumber 
http://arviokta.blogspot.co.id/2016/09/materi-pkn-kerukunan-kelas-2.html

Selasa, 30 April 2019

LATIHAN SOAL TEMA 8 SUBTEMA 2

 "KEMARAU "


Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan baik dan benar ! 
1. Saat kemarau matahari bersinar.....
2. Baju dari bahan ...... mudah menyerap keringat. 
3. Genangan air dapat menjadi sarang ....
4. Susunlah kalimat di bawah ini
 (Mulailah dari kata yang bercetak miring ) !
     orang - harus- air - setiap - menggunakan - hemat
5. Buatlah satu kalimat pujian...


Selamat Mengerjakan :)